Header Ads

MasSpec Pen, Pena Pendeteksi Kanker dalam 10 Detik

Para Peneliti dari University of Texas di Austin telah berhasil mengembangkan perangkat pena baru yang memungkinkan dokter untuk lebih cepat dan akurat mengidentifikasi dan menghilangkan tumor selama operas. Pena ini juga memungkinkan mereka membedakan antara sel kanker dan sel sehat hanya dalam 10 detik.



Dijelaskan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine edisi terbaru, instrumen tersebut merupakan alat diagnostik yang disebut MasSpec Pen. Cara kerjanya sangat sederhana, yakni menggunakan tetesan air seni untuk menganalisis sampel jaringan kanker dan alat ini telah terbukti 96% akurat. 

"Jika Anda berbicara dengan pasien kanker setelah operasi, salah satu hal pertama yang banyak orang katakan adalah 'Saya harap ahli bedah mendapatkan semua kankernya.' Hanya menyedihkan saat ini juga tidak terjadi." Pemimpin peneliti dan asisten profesor kimia Livia Schiavinato Eberlin seperti yang dikutip dari redorbit.com.

Menurut laporan NBC News, perangkat berbentuk pena ini bekerja secara real time dan seakurat dalam pengambilan sampel jaringan dan mengirimkannya ke ahli patologi. Hal ini juga kurang invasif, karena tidak memerlukan jaringan untuk dipotong, dan terbukti mampu mendeteksi tumor di daerah marjinal antara jaringan normal dan jaringan kanker - sel komposisi campuran yang mungkin telah diabaikan.

Pena MasSpec memiliki nosel sekali pakai. Para Ilmuwan menjelaskan, ketika ditempatkan pada jaringan yang diyakini bersifat kanker, ia menyerap materi biologis seperti lemak dan protein yang dianalisis dengan spektrometer massa. Spektrometer akan mencari senyawa yang membuat paru-paru, payudara dan jenis sel kanker lainnya berbeda dari yang sehat dengan menggunakan algoritma untuk mencari database.

"Sel kanker memiliki metabolisme yang tidak teratur karena mereka berkembang di luar kendali," Eberlin menjelaskan. "Karena metabolit pada kanker dan sel normal sangat berbeda, kami ekstrak dan analisa dengan MasSpec Pen untuk mendapatkan sidik jari molekuler dari jaringan. Yang luar biasa adalah melalui proses kimia sederhana dan lembut ini, Pen MasSpec dengan cepat memberikan informasi molekuler diagnostik tanpa menyebabkan kerusakan jaringan. "

Instrumen tersebut dapat memberikan respons hanya dalam 10 detik, dan dalam tes yang melibatkan 253 sampel jaringan manusia, terbukti benar 96% akurat. Ini juga berhasil diuji coba pada tikus hidup. Menurut NBC News, tim peneliti mengatakan bahwa mereka berencana untuk menguji perangkat ini sekitar tahun depan.

"Kapan pun kami bisa memberikan pasien operasi yang lebih tepat, operasi yang lebih cepat atau operasi yang lebih aman, itu adalah sesuatu yang ingin kami lakukan," kata James Suliburk, kepala operasi endokrin di Baylor College of Medicine serta anggota dari tim peneliti. "Teknologi ini melakukan ketiganya. Ini memungkinkan kita untuk lebih tepat dalam jaringan apa yang kita keluarkan dan apa yang kita tinggalkan. "

"Kecepatan dan keakuratan perangkat kami benar-benar dapat membantu pilihan pengobatan dan keputusan," kata Eberlin kepada New Scientist, menambahkan bahwa sekitar sepersepuluh dari semua kekambuhan kanker disebabkan oleh pertumbuhan kembali jaringan yang tidak terjawab selama operasi. Pada saat yang sama, dia dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa pena tersebut dapat membantu meningkatkan ketahanan hidup pasien dengan mengurangi seberapa banyak jaringan sehat tersumbat untuk menghilangkan tumor.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.